Jumat, 26 Oktober 2012

Tokoh Wirausaha dunia


Pernahkah anda mendengar kata Tao Kae Noi? Atau mungkin anda pernah mendengar film berjudul Tao Kae Noi atau mungkin anda telah menontonnya? Tao kae Noi ternyata berasal dari bahasa Thailand artinya pengusaha Muda.
Film ini sangat banyak menginspirasi karena didalam film ini mengisahkan seorang tokoh wirausaha dunia yang berjuang dari nol hingga menggapai kesuksesan.
Ada beberapa catatan penting dari kisah tokoh wirausaha dunia ini:
1.       Focus
Ittipat atau biasa dipanggil Top, mempunyai hobi bermain game online. Dari hobinya ini ia berhasil mengumpulkan uang yang besar hingga ia dapat membeli mobil untuk dirinya sendiri.  Karena hobinya itu ia tidak fokus dengan pendidikannya hingga akhirnya ditolak di universitas negeri dan bahkan Drop Out dari universitasnya dahulu.
2.       Passion
Top membuktikan bahwa passion yang dapat membawanya kearah kesuksesan. Ketika semua orang menyuruhnya untuk fokus belajar, namun karena passionnya dia ada di dunia game dan berjualan maka ia tetap melakukan apa yang dia sukai
3.       Pantang Menyerah
Tercatat beberapa kali Top mengalami kegagalan dan penipuan. Namun ia tidak pantang menyerah dan terus berusaha. Suatu ketika ia ada didalam mobil bersama ayahnya dan baru saja ditipu oleh seseorang ayahnya berkata: “Berjualan itu tidak semudah bermain game. Welcome the real world” Ternyata kegagalan itu membuat ia menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan selalu mencoba sampai akhirnya meraih impiannya. Saya menjadi teringat mengenai pepatah yang bilang: “Orang yang hebat itu bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang yang hebat adalah orang yang selalu bangkit dari kegagalan”
4.       Berani
Tidak banyak orang yang seberani Top. Hutang kepada pihak bank untuk memulai usaha berani mengambil keputusan untuk membeli mesin-mesin yang mahal harganya. Keberanian ini merupakan salah satu kunci terbesar dalam meraih kesuksesan. Berani ini mksudnya adalah berani untuk cepat mengambil keputusan, berani untuk action, berani untuk bertindak, berani untuk sukses dan berani untuk gagal.
5.       Pengorbanan
Setidaknya ada  3 hal yang di korbankan oleh Top untuk mencapai kesuksesan, yaitu sekolah, Cinta dan keluarga. Ia harus keluar dari sekolahnya untuk membantu pamannya berjualan kacang yang mulai digemari konsumen. Ia harus bertengkar dan putus dengan pacarnya setelah pacarnya tidak menyetujui Top keluar dari sekolahnya. Top harus berpisah dengan orang tuanya  pindah ke China untuk menjadikan impiannya menjadi kenyataan.
6.       Tekun
Dalam film ini sangat terlihat bagaimana ketekunannya dalam membuka usaha. Tidak malu untuk bertanya, melakukan observasi di lapangan bahkan demi mencapai impiannya ia  rela untuk mengangkat karung. Ketekunannya mengejar mimpi sangat luar biasa.
7.       Think Less Do More
Jika terlalu banyak pertimbangan dan berfikir  serta hitung-hitungan sudah pasti kita tidak akan pernah Action untuk berbisnis.
8.       Partner
Peran Paman Top sangatlah besar, sehingga tidk bisa dipungkiri ia menjadi partner yang sangat besar pengaruhnya terhadap kesuksesan Top.
9.       Selalu belajar dan praktek
Top bertanya kepada orang lain mengenai barang yang akan dijualnya. Top juga mencatat berbagai macam hal yang ia pikir bisa menunjang usahanya. Top menyukai mempelajari sesuatu yang langsung bisa dipraktekkan dibandingkan dengan teori yang disampaikan dosen di kelas.
10.   Kolaborasi
Kunci keberhasilan Top adalah meminta masukan dari seorang professor di sebuah universitas di Thailand untuk mengatasi snack yang mudah kadaluarsa. Dari Professor Top mengetahui bahwa oksigen-lah yang membuat snack menjadi cepat kadaluarsa. Oksigen harus diganti dengan nitrogen untuk memperpanjang daya tahan snack yang dibuatnya.
11.   Jujur
Jadilah seseorang yang jujur dan contoh yang baik baik karyawan kita jalanlah pada rel yang sudah ditentukan. Agar semua menjadi berkah untuk keluarga dan orang-orang di sekitar kita.
12.   Percaya Pasti bisa
Top percaya bahwa apa yang ia lakukan ini bukanlah hal yang sia-sia belaka. Ia banyak mengalami kegagalan dan kerugian namun ia berkata bahwa ia percaya pada suatu saat semuanya akan terlunaskan. Ia tidak perduli dengan nasehat dan cemoohan orang lain tetapi fokus dan percaya dengan apa yang ingin ia lakukan. Itu berhasil.
Semoga terinspirasi




“Pekerjaan besar jatuh pada pribadi yang pantas. Pastikan anda menjadi pribadi yang pantas bagi orang-orang disekeliling anda”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar