Senin, 22 Oktober 2012

Tips Wira Usaha Online


Seorang teman kantor bilang kepada saya bahwa dalam wkatu dekat akan resign dari tempat dia bekerja. Ketika saya tanya apa alasannya keluar dari pekejaannya sekarang, dia bilang bahwa dia ingin menjadi Wiraswasta rumahan. Ketika saya tanya Jenis Usaha Rumahan seperti apa yang ingin dibuat, dia menjawab: saya ingin Jualan baju secara online.
Internet memang sekarang telah menjadi tend dan booming. Efek yang dibuatnya adalah semakin banyak orang yang memperoleh profit melalui berjualan online dengan menggunakan toko online, mulai dari jualan baju, fashion, aksesoris dsb.
Tidak hanya orang perorangan yang kini memanfaatkan internet sebagai alat pemasarannya. Perusahaan pun kini mulai memanfaatkan internet sebagai salah satu channel pemasaran dalam menjual produk-produknya.
Berikut ada tips Wira Usaha online agar memperoleh kesuksesan jualan online baik untuk individu atau secara corporate:
Tips Wira Usaha online yang pertama adalah Pastikan bahwa Produk/Jasa anda memang dicari via online
Jika anda menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, mie instant, sabun dan produ-produk lain kemungkinan besar tidak akan laku di jual melalui online. Karena kebiasaan konsumennya belum sampai kea rah sana. Mendapatkan barang seperti itu tidak harus mencarinya lewat internet. Kita langsung pergi ke supermarket atau pasar terdekat. Jika anda menjual barang-barang fashion dan aksesoris serta information produk seperti ebooks memang banyak dicari lewat internet.
Tips Wira Usaha Online yang kedua adalah lakukan SEO
Agar mendatangkan calon pembeli potensial, maka lakukan SEO agar website anda muncul di jajaran TOP 10 google ketika ada yang mencari produk atau jasa anda.
Tips Wira Usaha Online yang ketiga adalah Buat tampilan Blog/website anda easy use dan informative
Setelah anda berhasil mendatangkan pengunjung ke blog/website anda maka pastikan mereka tidak merasa “ill feel” terhadap website anda. Buat tampilan yang bisa menjual. Tampilkan informasi-informasi penting yang dibutuhkan oleh pengunjung.
Tips Wira Usaha Online yang keempat adalah Lakukan promosi
Jualan, apapun barang/produk/jasa yang anda jual tentu perlu yang namanya promosi. Di internet tedapat beberapa channel promosi yang bisa anda manfaatkan. Untuk berpromosi tidak perlu mengeluarkan budget yang sangat besar. masih ada kok promosi yang dapat anda lakukan dengan gratis atau low budget. Misalnya: Forum, Iklan baris, Social media seperti Facebook dan Twitter.
Tips Wira Usaha Online yang terakhir adalah Jangan melupakan aturan dasar Marketing/Bisnis
Tips Wira Usaha Online ini merupakan hal yang sama dilakukan seperti halnya melakukan Wira usaha di dunia Offline. Jangan melupakan hal-hal basic seperti kualitas yang bagus, diferensiasi produk, layanan yang ramah dan responsive, pengiriman produk yang cepat, jujur, bisa dipercaya dan lain sebagainya.
Sehebat apapun strategi promosi dan marketing anda lakukan, semuanya akan percuma apabila anda melakukan hal-hal basic tsb.


“Jangan Hanya lakukan apa yang biasa anda lakukan. Anda mungkin nyaman dengan hal itu tetapi  anda tidak akan tumbuh dengan melakukannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar