Pengertian MLM
atau Multi Level Marketing di Indonesia
adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur
secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga
produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung
telah membantu kelancaran distribusi.
Kemunculan trend multi
level marketing baru di dunia bisnis modern sangat menguntungkan banyak
pihak, seperti pengusaha (baik produsen maupun perusahaan MLM indonesia). Hal ini disebabkan karena adanya
penghematan biaya dalam iklan. Bisnis ini juga menguntungkan para distributor
yang berperan sebagai Mitra Niaga yang ingin bebas dalam bekerja.
Produk multi level maketing
dan Sistem marketing MLM lahir pada
tahun 1939 merupakan kreasi dan inovasi marketing yang melibatkan
masyarakat konsumen dalam kegiatan usaha pemasaran dengan tujuan agar
masyarakat konsumen dapat menikmati tidak saja manfaat produk mlm terbaik, tetapi juga manfaat finansial dalam bentuk
insentif, hadiah-hadiah, haji dan umrah (
misalnya: mlm umrah),
perlindungan asuransi, tabungan hari tua dan bahkan kepemilikan saham
perusahaan.(Ahmad Basyuni Lubis, Al-Iqtishad, November 2000).
Perusahaan mlm
Indonesia yang sah terdaftar pada
asosiasi penjualan langsung Indonesia atau apli. Apli adalah sebuah asosiasi
yang menaungi perusahaan
mlm Indonesia agar terhindar dari
praktek penipuan. Ada lebih dari 50 perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan mlm Indonesia yang sah.
Berikut daftar perusahaan multi level
marketing di Indonesia yang terdaftar pada apli:
0002/06/93
|
Matol
|
|
0003/06/93
|
CNI
|
|
0005/06/93
|
AMWAY
|
|
0008/06/93
|
Multicare
|
|
0011/06/93
|
ORIFLAME
|
|
0013/11/95
|
VIVALIFE
|
|
0014/01/96
|
TARA
|
|
0015/01/96
|
COSWAY
|
|
0016/05/96
|
FOREVER LIVING PRODUCT
|
|
0017/05/96
|
IDENTIK
|
|
0025/09/98
|
SOPHIE MARTIN
|
|
0027/11/98
|
HERBALIFE
|
|
0028/11/98
|
TIGARAKSA
|
|
0029/11/98
|
Prime & First New World
|
|
0031/12/98
|
CAPRIASI
|
|
0032/03/99
|
NEW IMAGE INTERNASIONAL
|
|
0033/03/99
|
KOMPAK
|
|
0035/09/99
|
SURINDER
|
|
0036/09/99
|
NOP
|
|
0037/09/99
|
DXN
|
|
0038/02/00
|
SINERGIPLASINDO
|
|
0043/04/00
|
HIGH – DESERT
|
|
0046/07/00
|
BRACINI
|
|
0047/07/00
|
U – TREND
|
|
0050/09/00
|
ELKEN
|
|
0053/01/01
|
KK
|
|
0056/07/01
|
SUPAMAS
|
|
0057/07/01
|
TIANSHI
|
|
0058/09/01
|
VITASQUA
|
|
0061/09/01
|
REVELL
|
|
0064/03/02
|
IMMUNOCAL
|
|
0069/04/03
|
K – LINK
|
|
0070/05/03
|
TRIPLE – S
|
|
0071/06/03
|
ZHULIAN
|
|
0073/07/03
|
CITIDIRECT
|
|
0076/11/03
|
RATUNUSANTARA
|
|
0080/06/04
|
BIO – YOUNG
|
|
0081/07/04
|
KOKOPELLY
|
|
0083/07/04
|
ELITE CLUB
|
|
0084/08/04
|
WOOTEKH
|
|
0086/09/04
|
LIFE STYLES
|
|
0087/12/04
|
OXY
|
|
0088/01/05
|
LAMPE BERGER
|
|
0089/03/05
|
ECO CLEAN
|
|
0090/03/05
|
SYNERGY WORLD WIDE
|
|
0091/08/05
|
GOODWAY
|
|
0092/01/06
|
GHT
|
|
0093/01/06
|
PERFECT
|
|
0095/03/06
|
NU SKIN
|
|
0096/03/06
|
TUPPERWARE
|
|
0097/06/06
|
ATM
|
|
0098/12/06
|
NUTREND
|
|
0099/03/07
|
||
0100/07/07
|
||
0101/08/07
|
||
0102/09/07
|
||
0103/10/07
|
SUN
|
|
0104/10/07
|
HEALTH DRINK
|
Belakangan ini dengan menjamurnya multi level marketing baru yang
sangat banyak di berbagai belahan nusantara menjadikan perusahaan
mlm Indonesia bernilai negative di tengah masyarakat. Nilai negative
itu yang berkembang di masyarakat karena datang dari fihak-fihak yang tidak
bertanggung jawab. Banyaknya penipuan yang meng-atasnama-kan perusahaan mlm Indonesia. Padahal sekarang
sitemnya sudah diverifikasi. Mereka menyediakan fasilitas web support system mlm untuk masing-masing
member, kita tidak perlu lagi menerangkan secara “membusa”, mengadakan
seminar-semainar dan memaksa orang untuk mengikuti program dari perusahaan mlm indonesia. Bukankah
memaksa orang itu tidak mengenakan? Saya pun tidak mau kalo harus dipaksa.
“Pilih yang MENGHASILKAN, lalu pilih yang anda SUKAI dan akhirnya pilih yang MUDAH. Itu adalah urutan dalam memilih pekerjaan atau Bisnis”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar