Senin, 18 Juni 2012

MAKALAH WIRA USAHA


Wira usaha adalah seseorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas. Karir wira usaha dapat mendukung kesejahteraan masyarakat, menghasilkan imbalan financial yang nyata. Meskipun perusahaan raksasa menarik perhatian banyak public akan tetapi bisnis kecil dan kegiatan wira usaha setidaknya memberikan andil nyata bagi kehidupan social dan perekonomian dunia.
Tiap orang tertarik pada wira usaha karena berbagai imbalan yang dapat di kelompokkan dalam tiga kategori dasar yaitu: Laba, Kebebasan dan kepuasan dalam menjalani hidup. Wira usaha menharapkan hasil yang tidak hanya mengganti kerugian waktu dan uang yang diinvestasikan tetapi juga memberikan imbalan yang pantas bagi resiko dan inisiatif yang mereka ambil dalam mengoperasikan bisnis mereka sendiri. Imbalan berupa laba merupakan motivasi yang kuat bagi wira usaha tertentu.
Kebebasan untuk menjalankan perusahaan merupakan imbalan lin bagi seorang wira usaha. Beberapa wira usaha menggunakan kebebasannya untuk menyusun kehidupan dan prilaku kerja pribadinya secara flexible. Wira usaha menghargai kebebasan dalam kariri wira usaha seperti mengerjakan urusan mereka dengan cara sendiri, memungut laba sendiri dan mengatur jadwal sendiri.
Seorang wira usaha sering menyataan kepuasan dalam menjalankan bisnisnya. Pekerjaan yang mereka lakukan memberikan kenikmatan yang berasal dari kebebasan dan kenikmatan yang merefleksikan pemenuhan kerja pribadi pemilik pada barang dan jasa perusahaan.
Meskipun imbalan dalam wira usaha menggiurkan, tetapi ada juga biaya yang berhubungan dengan kepemilikan bisnis tersebut. Mulai mengoperasikan bisnis sendiri membutuhkan kerja keras, menyita banyak waktu dan membutuhkan kekuatan emosi. Gagal dalam bisnis adalah salah satu ancaman terbesar dalam wira usaha. Tidak ada jaminan sukses. Wira usaha harus menerima berbagai resiko berhubungan dengan kegagalan bisnis.
Sikap dan perilaku sangat dipengaruhi oleh sifat dan watak yang dimiliki oleh seorang wira usaha. Sifat dan watak baik berorientasi pada kemajuan dan positif meupakan sift dan watak yang dibutuhkan oleh seorang wira usaha seseorang tersebut maju/sukses.
Menurut M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer mengemukakan delapan karakteristik wira usaha yang meliputi:
  •  Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya
  •  Lebih memilih resiko yang moderat
  • Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil
  • Selalu menghendaki umpan balik yang segera
  • Berorientasi ke masa depan, perspektif dan berwawasan jauh ke depan
  • Memiliki semangat kerja dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik
  • Memiliki keterampilan yang baik dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah
·         Selalu menilai prestasi dengan uang
Wira usaha selalu komitmen dalam melakukan tugasnya sampai berhasil. Tidak setengah-setengah dalam melakukan pekerjaannya. Seorang wira usaha berani mengambil resiko terhadap pekerjaannya karena sudah diperhitungkan, artinya resiko yang diambil tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Semoga bermanfaat



"Orang tua selalu memberikan yang terbaik untuk kita sekalipun mereka ada di posisi terpuruk, mereka akan berkorban agar kita tidak berkekurangan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar