Rabu, 20 Juni 2012

MEMBUKA USAHA DENGAN MODAL KECIL


Zaman sekarang, mencari pekerjaan merupakan hal yang sangat sulit untuk didapatkan. Jumlah angkatan kerja tidak sesuai dengan ketersediaan formasi kerja. Angka pengangguran meningkat setiap tahun. Usaha sector non formal menjadi pilihan mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan. Ironisnya kesempatan untuk mendirikan usaha kecil tidak menarik bagi mereka yang memiliki latr belakang pendidikan relative tinggi.
Idealnya lulusan perguruan tinggi memiliki kemampuan melakukan analitis yaitu merubah persoalan yang sulit menjadi sederhana. Kemampuan analitis dapat digunakan untuk mengungkpakan resiko dan peluang pendirian usaha.
Aspek permodalan adalah salah satu faktor penghambat lahirnya wira usaha muda. Modal dianggap segala-galanya. Perhitungan investasi, operasional dan tingkat pengembalian modal menjadi begitu rumit dan menakutkan.

Lalu bisakah membuka usaha dengan modal kecil bahkan tanpa uang alias modal dengkul?
Bagi seseorang yang tidak memiliki uang terbuka peluang untuk menjadi pemilik usaha (bussines owner).  Pernyataan banyak orang bahwa modal tanpa uang adalah modal dengkul. Dengan bermodalkan dengkul kaki sendiri seseorang  dapat menahan beban dan berjalan serta tumbuh dan berkembang membawa harapan pemiliknya.

Jika seseorang tidak memiliki dengkul sendiri maka gunakanlah dengkul orang lain. Orang lain tidak akan pernah marah sepanjang ada konpensasi yang menarik dan fleksibel. Membangun kemitraan permodalan merupakan kombinsi yang rasional dan menjadi kekuatan besar daripada modal dengan dengkul sendiri.
Keberanian mengambil resiko merupakan syarat utama untuk menjadi pebisnis. Berani memulai usaha dengan modal dengkul menandakan kapasitas kekuatan dan daya saing pebisnis itu sendiri. Semua orang memiliki potensi menjadi pebisnis modal dengkul. Perbedaannya adalah berani untuk bertindak.
Salah satu contoh yang riil bahwa kita bisa membuka usaha dengan modal kecil adalah dengan memanfaatkan internet sebagai modal dalam melakukan bisnis atau usaha, sering disebut dengan istilah bisnisonline. Kita bisa memanfaatkan email gratis (yahoo, gmail ataupun Hotmail) dan blog gratis (blogger, wordpress atau multiply). Dengan bergabung menjadi reseller kita bisa mendapatkan pengahasilan yang sangat besar dari internet dengan modal yang kecil. Di internet kita juga bisa melakukan bisnis online gratis tanpa modal. Bisa kita bayangkan dengan waktu yang singkat kita melakukan usaha/pekerjaan bisnis dari internet tersebut kemudian kita tinggalkan dan sistem yang bekerja untuk kita maka kita mendapatkan penghasilan yang besar dari modal sedikit yang kita keluarkan.

Pencapaian hasil yang maksimal tergantung dari seberapa besar dan kerasnya usaha yang kita lakukan. Berbicara masalah modal tentu bisnisonline lebih kecil daripada kita mendirikan usaha lain yang membutuhkan modal lebih besar. Jadi, jangan terus menyalahkan harus memiliki modal yang besar untuk mulai melakukan bisnis dan mendapatkan penghasilan yang besar.
Selamat mencoba
Peluangusaha-bisnisonline


asetvirtual
 "Orang-orang negatif dan pesimis punya kecenderungan untuk meremehkan mimpimu. Selama berada disekitar mereka lindungilah mimpimu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar