Jumat, 31 Agustus 2012

Biografi Wirausaha Sukses : Jacob Oetama


 Salah satu Biografi Wirausaha Sukss kali ini adalah Jacob Oetama. Apakah anda mengenal Siapa Jacob Oetama? Mungkin sebagian dari anda tidak begitu familiar dengan nama itu. Tetapi kalo anda saya tanya “Sudahkah anda baca harian KOMPAS hari ini?” tentu anda akan lebih tahu surat harian nasional di negeri ini. Ya, Jacob Oetama adalah Seorang Wira usaha Sukses dari Media massa.

Jacob Oetama kecil dilahirkan di kawasan Borobudur, magelang pada tanggal 27 september 1931. Namun banya yang menyatakan bahwa Jacob berasal dari Yogyakarta. Hal ini karena orang tua Jacob Oetama adalah seorang pensiunan guru dari sebuah sekolah yang berada di kawasan Sleman, Yogyakarta.

Masa SMA, Jacob Oetama di selesaikan di sekolah Seminari Yogyakarta. Pada masa itu seorang lulusan SMA sudah bia mengajar di sekolah setingkat SMP. Ini pula yang dilakukan Jacob Oetama menjadi guru SMP Mardiyuana Cipanas. Jawa Barat serta SMP Van Lith Jakarta.


Setelah memiliki uang yang cukup, Jacob Oetama baru menginjakkan kaki masuk ke jenjang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Kampus yang dipilihnya adalah Perguruan Tinggi Publisistik Jakarta, serta fakultas Sosial Politik Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Bersama PK Ojong, Jacob Oetama pada tahun 1963 mendirikan majalah intisari. Majalah ini berkiblat pada majalah Reader Diggest yang berasal dari Amerika. Kisah sukses intisari dilanjutkan dengan mendirikan sebuah harian bernama kompas. Ini terjadi pada tahun 1965. Pada mas itu Indonesia sedang disibukkan dengan ancaman pemberontakan PKI.

Dari kompas inilah, kemudian berdiri kelompok usaha Kompas Gramedia. Gramedia adalah nama yang digunakan untuk memberi label pada usaha toko buku. Hingga saat ini kelompok kompas Gramedia dibawah kendali Jacob Oetama sudah melebarkan sayapnya di berbagai bidang usaha.




“Milikilah Hati yang kuat dan Jiwa yang besar Kaena Hanya itu yang diperlukan untuk menghadapi kerasnya Kehidupan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar