Sabtu, 25 Agustus 2012

Biografi Wirausaha Sukses | Chairul Tanjung


Biografi Wirausaha Sukses kali ini saya akan membahas mengenai seorang tokoh besar di Indonesia. Wira usaha muda ini merupakan salah satu pengusaha sukses yang dimiliki Indonesia. Nama pengusaha ini dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin perusahaan para Group. Siapakah pengusaha sukses itu? Ya, pengusaha itu bernama Chairil Tanjung.

Jiwa bisnis yang dimiliki beliau dimulai ketika masih kuliah di Jurusan kedoktran gigi Universitas Indonesia. Usaha menjalankan bisnisnya ini sempat mengalami masa jatuh bangun. Akhirnya kesuksesan di dalam dunia bisnis diraih oleh Chairil Tanjung. Perusahaan Para Group pun menjadi perusahaan yang membawahi beberapa perusahaan lain, seperti Trans TV dan Bank Mega.
Chairul Tanjung dan enam saudaranya terlahir dari golongan keluarga yang cukup berada. Ayah Chairul Tanjung bernama AG Tanjung adalah seorang wartawan yang menerbitkan surat kabar kecil pada zaman orde lama.

Ketika zaman orde baru berkuasa, usaha ayahnya ini ditutup paksa karena perbedaan politik dengan penguasa orde baru. Keadaan pun memaksa orang tua Chairul Tanjung untuk menjual rumahnya dan berpindah ke losmen yang sempit.

Setelah lulus SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981, Chairul Tanjung meneruskan pendidikannya di jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Pada Masa kuliah ini Chairul Tanjung mulai menapaki dunia bisnis. Ketika masa kuliah pun Chairul Tanjung mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.

Pada masa kuliah, Chairul Tanjung memulai bisnisnya dengan berjualan buku, kaos dan lain-lain di kampusnya. Chairul Tanjung pun membuat usaha fotocopy di kampusnya. Selain itu Chairil Tanjung juga mendirikan  toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Jakarta Pusat. Tapi usaha itu bangkrut.
Padatahun 1987, Chairil Tanjung pernah mendirikan PT. Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya. 

Perusahaan itu memproduksi sepatu untuk export. Keberuntungan pun menghampiri. Perusahaan italia memesan 160 ribu pasang sepatu ke perusahaan Chairul Tanjung dan teman-teman. Sayangnya Karena perbedaan visi tentang expansi usaha, Chairil Tanjung pun memilih untuk memisahkan diri dan membentuk usaha sendiri.

Chairil Tanjung memiliki kepiawaian dalam membangun jaringan bisnis. Hal ini membuat bisnis yang dibangunnya semakin berkembang. Bisnis yang dilakoni Chairul Tanjung mencakup tiga bidang bisnis yang prospek yaitu bisnis keuangan, property, dan bisnis multimedia. Dalam bidang keuangan Chairul mengambil alih Bank Karman yang sekarang berubah menjadi Bank Mega.

Perusahaan yang dibangun oleh Chairul Tanjung ini bernama Para Group. Para Group ini membawahi beberapa perusahaan, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti investindo (media dan investasi), dan Para inti Propertindo.

Dalam bidang financial, Chairul Tanjung memiliki beberapa perusahaan yaitu:
1.       Bank Mega Tbk
2.       Bank Mega Syariah
3.       Mega Finance
4.       Mega Capital Indonesia
5.       Parta Multi Finance
6.       Asuransi Jiwa Mega Life
7.       Asuransi Umum Mega

Sementara dalam bidang property dan investasi, Chairul Tanjung memiliki beberapa perusahaan yaitu:
1.       Para Bandung Propertindo (Bandung Super Mall)
2.       Para Bali Propertindo
3.       Batam Indah Investindo
4.       Mega Indah Propertindo

Dalam bidang media, Chairul Tanjung memiliki beberapa perusahaan yakni:
1.       Trans TV
2.       Trans 7
3.       Trans Studio

Gebrakan baru pun dibuat  oleh Chairul Tanjung dengan membeli 40 persen saham Carrefour. Pembelian saham ini dilakukan dibawah Trans Corp.  Menurut majalah Forbes, kekayaan Chairul Tanjung mencapai 1 milliar dollar Amerika.



“Banyak Orang yang Impiannya Besar, Sayang beribu sayang Keyakinannya, Ikhtiarnya dan sedekahnya tidak terlalu Besar”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar